Manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan tubuh


1. Mengandung isotonik

Ketika kita lesu dan mengalami dehidrasi, apalagi disaat siang yang sangat panas, maka air kelapa mengandung larutan isotonik yang mampu untuk melakukan re-hidrasi pada tubuh, sehingga tubuh segar kembali.

Air kelapa banyak juga berperan sebagai minuman elektrolit yang mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

Minuman kelapa hijau kaya akan potasium dan antioksidan, relatif rendah kalori dan gula. Para ahli mengatakan bahwa air kelapa merupakan minuman olahraga, tetapi tidak bisa mengganti air putih sebagai sumber utama minuman sehari-hari untuk menghindari dehirasi. Demikian menurut situs Livescience.com

Allison Massey, seorang ahli diet terdaftar di Mercy Medical Center di Baltimore, mengatakan bahwa Air kelapa adalah pilihan minuman yang banyak manfaat gizi, sebagai sumber kalium dan sejumlah kecil natrium, magnesium, kalsium dan fosfor.

Namun, para ahli menekankan bahwa air biasa (air putih) tetap menjadi sumber utama hidrasi, yang terbaik adalah bervariasi, dengan mengkonsumsi air kelapa sebagai tambahan pilihan minuman sehat, dengna minuman utama (paling sering) yang dikonsumsi adalah air putih.

Penelitian menunjukkan bahwa porsi 12 ons air kelapa memiliki lebih banyak kalium dibandingkan sebuah pisang. Air kelapa terkandung lebih banyak kalium dari pada minuman olahraga seperti Gatorade atau Powerade.

Sebuah porsi 11,2 ons air kelapa memiliki 690 mg kalium, sedangkan porsi 12 ons Gatorade hanya memiliki 140 mg dari nutrisi.

Kandungan kalium di dalam air kelapa hijau bermanfaat untuk menghilangkan kram otot. Chhandashri Bhattacharya, dosen kimia di Indiana University Southeast di New Albany melakukan analisa pada air kelapa.

Chhandashri Bhattacharya menemukan bahwa minum air kelapa dapat menjadi pilihan yang baik bagi sebagian orang sebagai sarana hidrasi. Dalam olahraga, maka tergantung dari individu, intensitas dan durasi olahraga yang dilakukan.

Secara umum, orang-orang yang berolahraga kurang dari 60 menit, air putih sudah menjadi pilihan terbaik untuk hidrasi. Adapun jika latihan (olahraga) berat yang mengeluarkan banyak keringat, maka tambahan minuman air kelapa hijau cukup diandalkan untuk mengisi elektrolit tubuh.

Kristin Kirkpatrick, seorang ahli diet terdaftar di Klinik Cleveland mengatakan bahwa minum air kelapa tidak mutlak diperlukan untuk kesehatan, tetapi elektrolit di dalamnya mungkin sangat bermanfaat. Seperti saat kondisi hari yang panas sehingga mengeluarkan keringat banyak.


2. Untuk pencernaan

Air kelapa baik untuk pencernaan karena kandungannya yang rendah lemak dan kalori, yang juga dapat mencegah dari kelebihan berat badan.

Bagi Anda yang mengalami masalah pada organ sistem pencernaan, seperti masalah susah buang air besar, disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa hijau sebagai obatnya.

Kandungan yang ada di dalam air kelapa hijau berkhasiat untuk mengurai racun yang ada di dalam tubuh, sehingga akhirnya racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui proses buang air besar secara lancar.

Air kelapa hijau dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh melalui enzim bioaktif, selain itu air kelapa juga berkhasiat untuk menenangkan usus yang terasa nyeri.

3. Mengatasi rambut rontok

Air kelapa mampu melancarkan saluran dan sirkulasi darah di dalam tubuh, yang manfaatnya untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut.

Rasa tidak percaya diri mengenakan pakaian hitam karena  khawatir rambut atau ketombe yang rontok jelas terlihat, maka untuk mengatasi ketidaknyamanan ini, hingga nantinya dapat menyebabkan kebotakan.

Anda dapat mengatasinya hanya dengan resep  tradisional dari kelapa hijau saja, yang banyak orang telah merasakan manfaatnya, selain juga untuk mengatasi masalah ketombe.

Buah kelapa hijau, ciri-cirinya buahnya berwarna hijau cerah, berbentuk kerucut, dan diselimuti oleh serabut yang tebal.

Bahan-bahan yang yang dibutuhkan untuk membuat ramuan tradisional ini, yaitu sebuah kelapa hijau dan satu sendok teh garam.

Cara membuatnya, pertama-tama ambil kelapa hijau, lalu buatlah lubang pada buahnya (sama seperti ketika ingin meminum airnya.

Setelah itu masukkan garam ke dalam air kelapa melalui lubang tersebut, lalu diamkan di luar ruangan selama semalaman.

Air kelapa yang sudah dicampur garam itu, maka saatnya untuk dioleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut, disarankan melakukannya menjelang tidur malam.

Anda dapat memmijat-mijat lembut pada kulit kepala yang telah diolesi ramuan air kelapa tersebut, sehingga hasilnya lebih maksimal.

Lali Anda bisa membungkus rambut dengan handuk atau lainnya, tujuannya untuk membiarkannya semalaman, sehingga pagi harinya baru mencuci.

Atau jika tidak ingin serepot itu, bisa dengan membiarkan rambut yang bari saja diolesi ramuan air kelapa tersebut, biarkan selama 1-2 jam, lalu baru mencuci rambut.

Tentunya agar masalah rambut ronrok dapat semakin diminimalisir, maka penting menerapkan gaya hidup sehat, sangat dianjurkan untuk mengonsumsil banyak sayur dan buah...

...dan kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak, supaya kondisi kulit kepala terhindar dari banyak berminyak.

4. Membantu kerja sistem imun

Kandungan asam laurat yang terdapat di dalam air kelapa hijau, berperan untuk membunuh virus dan bakteri, sehingga membantu tubuh dalam menjaga sistem imun (kekebalan tubuh), seperti untuk membunuh cacing berbahaya dan candida di dalam tubuh.

Kandungan yang ada pada air kelapa bisa berperan sebagai anti-biotik, anti-jamur dan anti-bakteri untuk mencegah penyakit.

Air kelapa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, membantu untuk membersihkan tubuh dari bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, penyakit gusi, dan beberapa masalah lainnya.

5. Menjaga kesehatan jantung

Air kelapa bisa menjadi minuman yang sangat baik dan bergizi untuk pasien jantung dan diabetes, serta membantu dalam upaya penurunan berat badan jika mengalami berat badan berlebih, hal itu karena air kelapa tidak memiliki kandungan gula yang berlebihan.

Menurut situs Draxe.com, beberapa elektrolit yang ditemukan di dalam air kelapa, khususnya kalsium dan magnesium, membantu untuk mnurunkan resiko stres dan mencegah ketegangan otot.

Kekurangan mineral dapat memicu resiko tinggi mengalami stres. Manfaat kallsium, selain menjaga gigi dan tulang agar sehat dan kuat, kalsium membantu relaksasi otot polos. membantu menjaga semua otot agar rileks, yang termasuk otot jantung, sehingga bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan jantung.

Sebuah studi 2006 menemukan bahwa tikus yang diberikan air kelapa memiliki kesempatan menurun terkena serangan jantung. Air kelapa membantu menurunkan kadar kolesterol total trigliserida, dan kolesterol LDL, khususnya kolesterol yang ditemukan dalam hati.

Pada sebuah penelitian dengan objek hewan, air kelapa membantu tikus pulih lebih cepat dari masalah serangan jantung.

Para peneliti percaya bahwa manfaat air kelapa untuk kesehatan jantung mungkin karena kandungan kalium, kalsium, dan magnesium di dalam air kelapa. Selain itu, semua elektrolit membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

6. Mengatasi dan mencegah infeksi

Air kelapa juga bisa berperan sebagai “obat alami” yang berguna untuk menyembuhkan infeksi urin. Di negara-negara Asia di mana kelapa berlimpah, air kelapa digunakan untuk mencegah infeksi saluran kemih.

Air kelapa dapat menjadi diuretik alami untuk menghancurkan bakteri dari saluran kemih. Adapun cara yang lebih efektif adalah dengan minum jus cranberry untuk mencegah bakteri E.coli.

Bakteri E coli yang paling renran menyebabkan infeksi saluran kemih, yang dapat melekat pada dinding saluran kemih.

Minum air kelapa dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi ragi yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika wanita mengalami masalah infeksi pada vagina, maka disarankan sering minum air kelapa. Buah dan air kelapa muda juga mampu untuk menyembuhkan infeksi urine.

7. Menurunkan berat badan

Tentunya kita tidak ingin mengalami berat badan yang berlebihan (obesitas), terutama untuk kebanyakan wanita yang “mati-matian” menjaga berat badannya agar tidak berlebihan.

Sehingga tidak sedikit wanita yang mengkonsumsi obat-obatan untuk mendapatkan berat badan ideal secara instan. Akan tetapi penggunaan obat kimia untuk penurun berat badan seperti terdaapt efek samping yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, harga dari obat penurun berat badan seperti itu umumnya tidaklah murah. Maka dari itu, yang lebih disarankan dalam usaha menurunkan berat badan adalah rajin minum air kelapa hijau.

Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam air kelapa hijau memiliki kegunaan untuk menurunkan berat badan secara alami.

Di dalam Air kelapa hijau memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang rendah. Selain itu, tidak ada efek samping atau dampak buruk dari mengkonsumsi air kelapa hijau, sehingga disarankan minum air kepala sebagai “obat” penurun berat badan.

8. Menghilangkan dehidrasi

Air kelapa hijau sebenarnys punya kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh, dan kandungan elektrolit yang terkandung pada air kelapa hijau sangat tinggi.

Air kelapa hijau terdapat kandungan elektrolit yang tinggi berguna untuk menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh.

Kandungan lainnya di dalam air kelapa hijau adalah potasium, manfaatnya untuk menjaga tekanan air di dalam sel dan darah, sehingga tubuh terhindar dari masalah kekurangan cairan, baik pada sel tubuh dan darah.

Air kelapa hijau sangat mudah diserap tubuh, atas alasan inilah yang menjadikan air kelapa hijau mampu secara efektif untuk menghilangkan dehidrasi di dalam tubuh.

Menurut situs Dripdrop.com,  air kelapa memang mengandung elektrolit, akan tetapi kandungan elektrolitnya tidak cukup jika untuk mengatasi dehidrasi karena latihan keras dan intens, serta akibat diare.

Menurut penelitian karena air kelapa tidak mengandung cukup sodium. Sodium merupakan elektrolit yang penting, bekerja untuk membantu penyerapan air menjadi lancar ke dalam aliran darah.

Orang dewasa dan anak-anak yang menderita diare karena masalah dehidrasi, dimana tubuh kekurangan natrium atau elektrolit yang sangat parah, minuman rehidrasi seperti air kelapa kurang dapat diandalkan untuk mengatasi tubuh kekurangan sodium.

Adapun secara umum, air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan. Kandungan yang sarat dengan kandungan kalium, yang lebih banyak dibandingkan yang ada pada sebuah pisang. Kalium menjadi elektrolit penting, berguna untuk mengatur tekanan darah dan meningkatkan fungsi otak.

Adapun untuk kandungan potassium, sangat diperlukan para atlet untuk mengatasi dan memberhentikan kram otot.

Dan selama latihan moderat (latihan menengah, bukan latihan berat) maka air kelapa dapat menjadi andalan dalam re-hidrasi tubuh, sehingga tubuh dapat terhindari dari masalah dehidrasi. 


9.  Menetralisir racun dalam tubuh

Air kelapa hijau mampu menetralisir racun di dalam tubuh. Sudah lama masyarakat mempercayai bahwa air kelapa hijau sangat efektif diandalkan untuk membuang racun yang terdapat di dalam tubuh.

Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) di dalam air kelapa hijau sangat tinggi, selain itu tedapat kandungan enzim yang bekerja untuk mengurai zat racun di dalam tubuh.

Air kelapa hijau banyak memiliki kandungan elektrolit dan antioksidan yang membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Hal ini menjadi alasan kenapa air kelapa hijau sering disarankan untuk pasien yang sedang sakit.

Minum air kelapa hijau mampu membersihkan racun yang terakumulasi di dalam tubuh. Makanan lainnya yang dapat diandalkan dalam membuang racun dari dalam tubuh, yaitu sayur bayam karena memiliki sifat detoksifikasi, untuk membersihkan sitem jaringan tubuh.

Disarankan untuk mengkonsumsinya dalam bentuk jus bayam, walaupun jidak selezat jus lainnya. Adapun buah yang dapat diandalkan yaitu lemon dan apel hijau.

Lemon dapat diandalkan untuk detoksifikasi tubuh. Adapun buah apel juga baik untuk detoksifikasi serta membersihkan darah di dalam tubuh.

Apel hijau punya rasa lezat dibandingkan jus hijau lain yang digunakan untuk detoksifikasi tubuh. Sa;ah satu cara mengonsumsinya, bisa dengan menambahkan madu ke dalam jus apel hijau, lalu meminumnya secara teratur 4-7 kali dalam seminggu.

10. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ yang fungsinya sangat penting bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin, bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada ginjal.

Menurut Kidneyfailureweb.com, banyak penelitian yang menemukan bahwa air kelapa muda memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, anti-inflamasi dan antioksidan. Bagi orang-orang yang mengalami penyakit ginjal, lebih rentan terhadap masalah infeksi dan inflamasi. Sehingga mengonsumsi air kelapa hal yang baik untuk mereka.

Beberapa zat dalam air kelapa memiliki fungsi diuretik, agar limbah dan racun dapat lebih baik dan lancar untuk dikeluarkan dari tubuh.

Minum air kelapa dapat menyediakan kecukupan pasokan cairan ke sel-sel ginjal, bermanfaat untuk meningkatkan energi pasien, meningkatkan volume darah dan mencegah masalah kulit. Dengan lebih banyak energi, maka memberikan manfaat pada pasien agar mampu melawan penyakit.

Air kelapa Kaya yang membantu untuk mengatur ketidakseimbangan elektrolit dan untuk re-hidrasi tubuh. Air kelapa sering digunakan untuk mengobati dehidrasi karena disentri, penyakit kolera, diare dan flu perut.

Dengan kandungannya tersebut, air kelapa sangat bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh, termasuk untuk kesehatan ginjal dan menjaga fungsi ginjal agar tetap dapat bekerja dengan baik.

11. Mengobati penyakit migran

Kandungan magnesium yang terdapat di dalam air kelapa hijau membantu untuk menurunkan gejala penyakit migran yang dirasakan, sehingga membantu agar aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan lancar.

Menurut Bembu.com, air kelapa dapat membantu untuk mencegah migrain, dengan kandungan magnesium yang dikandungnya.

Air kelapa menjadi cara yang lezat untuk memperoleh kandungan magnesium yang cuup ke dalam sistem tubuh. Hal ini lebih baik, dari pada mengandalkan suplemen magnesium, dimana tubuh akan sedikit mengalami masalah untuk menyerapnya.

Adapun minum air kelapa menjadi cara alami dan aman untuk memperoleh nutrisi penting seperti magnesium yang mencukupi bagi tubuh, dan mampu mencegah serta mengatasi sakit kepala maupun migrain.

12. Menambah energi di dalam tubuh

Jika Anda dalam seharian punya banyak seali aktivitas dan pekerjaan yang berat, maka air kelapa hijau bisa diandalkan sebagai minuman untuk menambah energi secara alami.

Kandungan vitamin yang mencukupi tubuh terdapat pada air kelapa hijau, yang mampu menambah energi tubuh saat menjalani beraktifitas sehari-hari. Agar lebih optimal hasilnya dan rasanya lebih lezat, maka Anda bisa menambahkan madu dalam menkonsumsinya.

Menurut Dietoflife.com, bahwa air kelapa disebut sebagai air ajaib. Katanya air kelapa sangat penting keberadaannya dalam konflik perang masa lalu. Ketika itu, air kelapa sering digunakan sebagai pengganti plasma darah, sehingga saat itu air kelapa sangat penting untuk kelangsungan hidup sejumlah besar korban perang.

Banyak orang yang terluka cukup buruk lalu diberikan air kelapa selama pertempuran mengerikan dan berkepanjangan tersebut. Adapun saat ini, air kelapa hampir digunakan oleh semua negara di dunia.

Air kelapa dianggap sebagai detoksifikasi yang termasuk paling sehat bagi tubuh. Air kelapa membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, kencing nanah, penyakit gusi, membunuh virus yang menyebabkan influenza, mengatasi jenis penyakit menular dan tifus.

Minum air kelapa memberikan manfaat besar bagi energi tubuh, yang sangat berguna bagi mereka menderita kelelahan kronis.

Air kelapa juga merangsang produksi hormon tiroid yang bertindak sebagai diuretik alami, bermanfaat untuk mengatasi masalah ginjal, bermanfaat untuk kesehatan (dan mencegah infeksi) saluran dan kandung kemih, dan menurunkan resiko yang disebabkan oleh batu ginjal.

Air kelapa juga memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk pencernaan, serta menurunkan resiko asam lambung. Hal ini sangat penting agar tubuh dapat selalu siap dan fit untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

13. Memperlambat penuaan

Air kelapa dapat membuat kulit tampak lebih muda dan halus. Asam laurat dan sitokinin dikatakan dapat menyeimbangkan kadar pH, memperkuat jaringan ikat dan bahkan menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan usia.

Anda bisa mengoleskan ke kulit untuk mengurangi jerawat, selulit, eksim, stretch mark, keriput, bintik-bintik usia dan kulit kendur. Walaupun kebenaran informasi ini perlu mendapatkan bukti dari penelitian dari para ahli.

14. Menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Air kelapa hijau yang mengandung magnesium dan kalium yang membantu untuk menjada tekanan darah secara alami agar tetap stabil, bagi penderita darah tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mampu memperbaiki sirkulasi darah, dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, kata Dr Bruce Fife, direktur Kelapa Research Center.

Dia juga mengklaim bahwa manfaar air kelapa untu membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak, menjaga penyerapan gula dan meningkatkan sensitivitas insulin.

"Orang yang menghadapi risiko tekanan darah tinggi dan stroke membutuhkan lebih banyak kandungan kalium dan natrium, tapi saya ingin melihat penelitian lebih lanjut tentang (air kelapa), kolesterol dan diabetes," ujar ahli kesehatan.

15. Kesehatan kulit

Beberapa alergi kulit karena adanya virus, bakteri, atau jamur. Air kelapa hijau punya sifat untuk mengurai virus, bakteri, dan jamur. Alhasil rajin mengkonsumsi air kelapa hijau membantu untuk menyembuhkan alergi pada kulit.

Masalah jerawat, kulit kering, kulit berminyak, dapat ditasi dengan menggunakan air kelapa (metode obat luar), caranya merendam bola kapas di air kelapa, lalu tempelkan pada bagian kulit yang bermsalah.

Manfaatnya untuk membersihkan dan menyegarkan kulit. Tidak seperti banyak krim dan lotion, air kelapa tidak menutup pori-pori. Dengan begitu air kelapa dapat diandalkan sebagai pembersih kulit alami.

Mengkonsumsi satu cangkir air kelapa per hari mampu untuk melembabkan kulit, dan menjaganya agar tetap bersinar sepanjang hari. Manfaat lainnya, minum air kelapa setelah kegiatan fisik yang berat maka dapat menyegarkan tubuh kembali dari kelelahan.

16. Menurunkan resiko depresi

Menurut bembu.com, magnesium yang terkandung di dalam air kelapa sudah terbukti secara klinis membantu mengobati gejala-gejala depresi.

Minum air kelapa membantu Anda untuk menjaga kondisi pikiran yang sehat, hal itu karena kandungan magnesium merupakan mineral penting untuk menjaga fungsi otak.

Dengan, rajin konsumsi air kelapa, dapat membantu Anda untuk mencapai suasana hati (mood) yang lebih positif, sehingga aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan kegembiaraan dan semangat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan tubuh"

Post a Comment