Obat Gatal Selangkangan: Cara Efektif Atasi Gatal


Rasa malu ketika harus menggaruk selangkangan yang gatal di depan umum membuat banyak orang buru-buru mencari obat gatal selangkangan yang mujarab. Gatal pada selangkangan mungkin adalah sebuah kondisi yang bukan diakibatkan oleh sesuatu yang serius. Akan tetapi ketika gatal itu timbul bisa jadi sangat menjengkelkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Menggaruk selangkangan yang gatal di depan umum pun bukan sesuatu yang indah dipandang. Daerah selangkangan yang gatal biasanya berwarna kemerahan. Kulit pada area yang gatal bisa tampak lecet atau mengelupas. Jika dibiarkan, area yang gatal akan meluas dan menjadi luka terutama bila bergesekan dengan pakaian.
Sebelum Mencari Obat Gatal Selangkangan yang Tepat, Terlebih Dulu Kenali Penyebabnya
Penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi rasa gatal pada selangkangan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa rasa gatal pada selangkangan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Sebelum menentukan obat gatal selangkangan yang tepat, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja penyebab rasa gatal pada selangkangan.
Infeksi jamur
Gatal pada selangkangan paling banyak berhubungan dengan infeksi jamur pada kulit yang dikenal dengan istilah medis tinea cruris. Tinea adalah jamur seukuran mikroskopis yang secara alami hidup di kulit, rambut, dan kuku. Jamur ini tidak berbahaya, namun dapat dengan cepat berkembang biak di lingkungan yang hangat dan lembab. Itulah mengapa infeksi jamur ini biasanya menyerang kulit di sekitar selangkangan dan paha dalam. Terkadang infeksi menyebar hingga daerah perut dan pantat, akan tetapi pada pria biasanya area skrotum tidak terkena.
Tinea cruris lebih banyak menyerang pria dan atlet olahraga, karena mereka relatif lebih banyak berkeringat. Namun orang dengan obesitas dan orang yang tidak menjaga kebersihan dengan baik sering pula terkena tinea cruris. Daerah kulit yang terinfeksi akan tampak merah atau cokelat hingga kehitaman, berbentuk lingkaran dengan batas tegas seperti pulau, terasa panas seperti terbakar, bersisik, mengelupas atau pecah-pecah, dan yang jelas terasa gatal.
Gatal yang timbul pada tinea cruris biasanya makin parah seiring aktivitas yang meningkat atau ketika berolahraga. Penggunaan obat gatal selangkangan hidrokortison mungkin tidak begitu efektif, bahkan pada beberapa kasus gatal bertambah parah.
Intertrigo
Intertrigo adalah radang pada lipatan kulit yang terjadi akibat gesekan antar lipatan kulit atau gesekan antara kulit dengan baju yang terlalu ketat. Pada bayi, kita mengenal intertrigo dengan istilah yang lebih umum yaitu “ruam popok”. Tidak hanya menyerang area selangkangan, intertrigo juga dapat menyerang lipatan kulit di ketiak, bawah dada, perut, leher, dan pantat. Kulit yang terkena intertrigo akan tampak memerah atau kecokelatan, gatal, jika diraba terasa kasar dan pecah-pecah, dan berbau tidak sedap. Kelembaban dan suhu tinggi akan memperparah kondisi ini.
Anda akan lebih rentan terkena intertrigo apabila Anda banyak berkeringat, tidak menjaga kebersihan, tidak dapat mengontrol buang air kecil atau buang air besar (air seni dan tinja dapat menyebabkan iritasi kulit), atlet sepeda (karena gerakan berulang yang dapat menimbulkan gesekan), obesitas, menyandang diabetes, menderita penyakit autoimun, atau terpapar kelembaban atau suhu tinggi.
Penyebab lain
Selain infeksi jamur dan intertrigo, gatal pada selangkangan juga dapat disebabkan oleh skabies, alergi, atau penyakit menular seksual seperti herpes genitalis atau sifilis. Skabies atau kurap selain menyerang area selangkangan, juga dapat menyerang kulit di sela-sela jari dan perut. Rasa gatal pada skabies akan makin parah pada waktu malam hari. Bahan kimia seperti sabun deterjen, parfum, krim, salep, atau jeli dapat memicu reaksi alergi pada tubuh yang pada akhirnya menimbulkan ruam dan gatal.
Menentukan Obat Gatal Selangkangan Sesuai Penyebabnya
Mengatasi gatal pada selangkangan berdasarkan penyebabnya adalah cara paling ampuh, meskipun jika Anda tidak mengetahui penyebabnya Anda dapat memulai pengobatan dengan berasumsi bahwa itu disebabkan oleh jamur, karena ini adalah yang paling umum dan mudah untuk diobati.
Gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur
Apabila gatal disebabkan oleh infeksi jamur (tinea cruris), obat gatal selangkangan yang tepat adalah antijamur yang berbentuk losion, bedak, salep, atau obat semprot. Untuk mencegah infeksi timbul kembali, lakukan pengobatan sebanyak dua kali dalam sehari, setidaknya selama kurun waktu sepuluh hari.
Basuh kulit yang terinfeksi dengan sabun dan air hangat, dan setelahnya keringkan hingga betul-betul kering (basuh dan keringkan kulit yang terinfeksi terutama setelah mandi, olahraga, atau setelah melakukan aktivitas berat lainnya). Ganti pakaian luar dan dalam setiap hari, dan gunakan pakaian dari bahan katun yang mampu menyerap keringat dengan baik.
Cobalah usir infeksi jamur dengan garam. Caranya, isi bak mandi dengan air suam-suam kuku lalu masukkan dua cangkir garam ke dalamnya, aduk hingga melarut. Berendamlah dalam larutan garam tersebut selama setengah jam. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari hingga infeksi jamur benar-benar menghilang.
Selain garam, Anda juga bisa mencoba campuran bawang putih dan minyak zaitun sebagai obat gatal selangkangan. Caranya, tumbuk hingga lembut 4-5 siung bawang putih bersama satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada area kulit yang terinfeksi setidaknya 2-3 kali dalam sehari.
Selain bawang putih, bawang bombay pun memiliki khasiat yang sama sebagai antiinflamasi dan antiseptik. Tumbuk hingga lembut bawang bombay, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terinfeksi. Biarkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air suam-suam kuku dan keringkan dengan baik.
Obat gatal selangkangan yang alami lainnya adalah minyak kelapa. Celupkan bola kapas dalam minyak kelapa, lalu usapkan pada kulit yang terinfeksi. Selain menghilangkan gatal, minyak kelapa juga dapat melembutkan kulit yang bersisik akibat infeksi jamur tersebut.
Apabila infeksi jamur yang Anda alami tidak membaik dengan cara-cara tersebut, dokter mungkin akan meresepkan antijamur yang lebih kuat, seperti econazole, oxiconazole, itraconazole, atau fluconazole. Obat antijamur yang berbentuk oral (dikonsumsi dengan cara diminum) dapat mengakibatkan efek samping seperti mual dan sakit kepala. Sampaikan pada dokter Anda jika Anda mengalami efek samping tersebut.
Gatal yang disebabkan oleh intertrigo
Tidak ada obat gatal selangkangan khusus untuk mengobati intertrigo. Dokter biasanya menyarankan agar area kulit yang terkena tetap kering dan terekspos udara. Prinsipnya, area kulit yang terkena harus ‘diangin-anginkan’. Apabila gejala yang timbul berat, dokter mungkin merekomendasikan penggunaan krim steroid untuk jangka pendek. Jika kulit terinfeksi, dokter mungkin juga akan meresepkan krim antijamur atau antibiotik.
Prinsip utama dalam mengobati gatal pada selangkangan adalah dengan menyingkirkan penyebabnya. Ketika penyebabnya sudah teratasi, lakukanlah langkah-langkah pencegahan agar gatal tidak muncul kembali. Selain gatal yang diakibatkan penyakit menular seksual, pada prinsipnya untuk mencegah gatal gunakanlah pakaian atau celana yang longgar sehingga memberi kesempatan bagi pori-pori kulit untuk bernafas. Setelah mandi, keringkan daerah selangkangan dengan handuk yang bersih hingga benar-benar kering. Hindari kebiasaan memakai baju atau handuk bergantian dengan orang lain.
Selain menggunakan obat gatal selangkangan seperti yang diresepkan dokter, jika perlu beri kompres dingin pada selangkangan untuk mengurangi gatal dan memberi rasa nyaman. Jangan menggaruk area yang gatal secara berlebihan karena akan memperparah gatal dan memicu iritasi. Kebanyakan penyebab gatal pada selangkangan sangat menular. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menjauhi kontak personal dengan individu yang terindikasi sedang terserang gatal.

dikutip dari 
dedaunan.com

#gatal #obatgatal #obatgataltradisional


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obat Gatal Selangkangan: Cara Efektif Atasi Gatal"

Post a Comment